Thursday, October 14, 2010

Jumlah Kata Yang Ideal Dalam Satu Artikel

Penggunaan  Jumlah Kata Yang Ideal Dalam Satu Artikel akan saya bahas dalam tutorial blog kali ini. dan saya akan memecahnya menjadi dua, karena kita menulis bukan hanya untuk mesin pencari saja, tapi juga untuk manusia.

Jumlah Kata yang Sesuai Kenyamanan Manusia
Umumnya,  WNI adalah manusia yang paling malas untuk membaca, mereka akan cepat jenuh jika di suruh membaca lebih dari 1000 kata. Coba anda pilih, mana  yang paling ingin anda baca antara komik dengan buku pelajaran. pasti anda lebih tertarik untuk membaca  komik. karena jumlah kata dalam komik memang hanya 10 persen saja dari jumlah kata buku pelajaran.
Di sisi lain, jumlah kata yang lebih dari 1000 kata akan mempengaruhi ukuran loading halaman blog,  oleh karena itu, jika anda menulis artikel yang mengandung jumlah kata mencapai 1200-an, lebih baik anda memisahnya ke halaman lain. atau bisa juga dengan membuat artikel bersambung agar pembaca tidak kesulitan membuka halaman blog anda.

Jumlah Kata yang Sesuai Kenyamanan Mesin Pencari
Untuk mesin pencari seperti google, yahoo, ask dan bing, jumlah kata yang di tetapkan berbeda-beda untuk setiap bahasa. jika blog anda berbahasa Indonesia, maka kisarannya antara 500-1000 kata saja, berbeda dengan blog berbahasa Inggris yang bisa mencapai 1200 kata untuk satu artikel. Namun, menurut pendapat para pakar SEO, akan lebih baik (ideal) jika artikel anda berisi tidak lebih dari 700 kata saja. karena robot mesin pencari juga memiliki bandwith untuk setiap blog dalam meng-crawl artikel anda. jika bandwithnya keburu habis sebelum artikel anda selesai di indeks, maka kerugian terhadap anda.

Sekian untuk hari ini, semoga dapat menambah wawasan anda dalam  SEO...amin


1 comment: