Tuesday, April 13, 2010

Tips Menulis Title Pages ( Google dan Yahoo )

Search engine menjadikan title page sebagai salah satu acuan penting dalam menentukan relevan atau tidaknya sebuah halaman. Title Pages ini kasarnya merupakan judul dari sebuah halaman, jadi seharusnya sebuah judul mencerminkan isi content halaman tersebut.Beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Jumlah karakter
Dari sumber yang saya baca title page anda optimal 80 karakter bila dioptimasi untuk google dan untuk yahoo berkisar 115 karakter.
Maksudnya optimal adalah jika melebihi dalam batas wajar, tidak akan berakibat buruk, tapi tentu saja diperhitungkan density dari title anda, mungkin akan lebih baik jika menggunakan makssimal 80 karakter saja.
Sementara setelah saya lakukan percobaan, google hanya menampilakan maks 65 karakter dalam SERP-nya, dan yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca.
Dari sini juga saya menemukan, bahwa title page setelah karakter ke 65 dari google tidak terlalu membantu, dalam kasus ini ada sebuah situs yang terlisting no 1 di google dengan keywords “tidak saya sebut”. Situs ini memiliki title yang lebih dari 65, saya tambahkan keyword dengan “di indonesia” (keywords ini ada di posisi setelah karakter ke 65).  Ternyata, situs ini bahkan dikalahkan  oleh situs yang  dalam halamannya tidak ada sama sekali keyword “indonesia”. 
Sebagai catatan kedua situs memiliki pagerank 4.  Dari  sini saya menyimpulkan title  setelah  karakter  ke-65 lebih kecil pengaruhnya daripada inbound text link. ( Situs kedua yang tidak memiliki keywords “indonesia“  di dalamnya  kemungkinan  terlisting karena  memiliki inbound text link “indonesia“).

2. Jangan menggunakan kata-kata yang di filter search engine
.
Untuk situs yang berbahasa “english”, kata seperti is, are dll sebaiknya tidak disertakan dalam title. Sedangkan untuk situs berbahasa indonesia, sepertinya tidak terlalu berpengaruh, karena setahu saya sekarang, kata “yang” , “dan” dsb tidak difilter search engine. (IMHO)
3. Buang kata-kata yang tidak berguna
Kata seperti seperti “selamat datang di situs kami� dsb lebih baik tidak disertakan.
4. Kurangi penggunaan separatorKalau memungkinkan jangan karena memiliki title yang panjang terus ditambah separator, akhirnya jumlah karakter melebihi jumlah karekter maksimal yang disarankan.
Dalam pemilihan title juga tidak lepas dari bagaimana memilih keywords yang baik. Dan jangan lupa dalam konten anda memiliki density yang bagus dari judul / title yang anda pilih.

Sumber link disini

0 comments:

Post a Comment