Wednesday, April 7, 2010

Teknik Penerapan Keyword Pada web

Keyword merupakan magnet untuk menarik para pengunjung dari search engine  , hal ini dikarenakan para peselancar dunia maya akan digiring melalui keyword yang spesifik yang sedang dicarinya. Keywords yang paling baik dan paling relevan adalah keyword yang ditemukan pada halaman hasil pencarian dari search engine, pada saat seseorang menggunakan keywords atau kata kunci dalam pencariannya. Keyword keberadaanya dapat kita optimasi disetiap artikel, maka otomatis semakin banyak pula kita memberikan pintu masuk kepada pengguna yang sedang berselancar mencari sesuatu diinternet. Keyword yang baik haruslah spesifik dan jelas. Lebih baik mendapatkan 100 pengunjung dengan kualitas yang tinggi dari pada 1000 pengunjung yang mengunjungi situs anda karena terdaftar pada search phrase yang umum, yang kemudian tidak tertarik dengan apa yang yang kita tawarkan. Semakin jelas, semakin spesifik, semakin unik keywords yang dipilih, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pengunjung.  

Berikut tips atau trik penggunaan keyword yang bisa anda terapkan di blog atau web :

RISET KEYWORD
Keyword yang bagus adalah memiliki tingkat persaingan paling kecil, namun memiliki audience yang banyak. Untuk memilih keyword ini tidak disarankan dengan sistem tebak-tebakan. Alat bantu yang lazim digunakan khusus untuk riset keyword antara lain adalah seperti yang disajika Wordtracker. Melalui alat ini anda akan diberi informasi yang akurat mengenai keyword yang relavan dengan content yang anda cari. Hal yang perlu diperhatikan adalah kesalahan dalam menentukan kata kunci yang merupakan kesalahan fatal dalam SEO.

HEADLINE
Headline merupakan judul utama dari situs web anda. Dari judul itu biasanya pengunjung situs web anda akan mendapat gambaran mengenai isi dari situs anda. Keyword anda harus terkandung di dalam judul tersebut. Bila pengunjung sudah tertarik dengan judul tersebut, maka mereka akan membaca pengantar dibawahnya. Bila pengunjung merasa cocok dengan informasi tersebut ia akan berlama lama di situs anda.

TAG JUDUL
Tag judul adalah tempat yang tepat untuk menggunakan kata kunci tersebut. Tag judul terdiri dari kata-kata yang anda lihat di bagian atas jendela browser

ISI
Keyword harus ada di dalam konten situs atau blog. Anda harus menulis konten secara konsisten dengan keyword yang anda pilih. Keberadaan keyword pada isi web anda dapat di optimalkan pada setiap artikel.Dengan usaha ini otomatis semakin banyak pula kita memberikan pintu masuk kepada pengguna yang sedang mencari artikel. Setelah anda mendapatkan keyword yang tepat, tugas selanjutnya adalah memahami dengan baik dimana akan ditempatkan sehingga menghasilkan traffic yang maksimal.

PANJANG KEYWORD
Semakin panjang keyword biasanya penargetan juga menjadi lebih baik dan akan lebih mengakomodir keinginan pengunjung. Namun ada juga pendapat dari sebagian orang bahwa keyword yang pendek dan singkat biasanya akan mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.Biasanya frase keyword yang bagus terdiri dari atas 2 sampai 5 kata, bila anda menempatkan berbagai macam salinan keyword pada halaman web anda, hal ini memungkinkan situs web anda muncul pada hasil pencarian yang mirip dengan keyword anda tapi bukan kata kunci utama anda.

DENSITAS KEYWORD
Sebuah parameter untuk mengukur seberapa banyak kata yang dipakai pada web.
Densitas keyword sangat penting karena mesin pencari menggunakan informasi ini untuk mengkatagorikan sebuah situs. Densitas keyword yang tepat akan membantu situs web anda mencapai pada posisi yang lebih tinggi pada hasil pencarian. Untuk yang satu ini harus tepat penggunaannya karena bila terlalu rendah maka tidak akan mendapatkan hasil yang optimal tapi bila densitas terlau tinggi halaman web anda akan ditandai memiliki keyword spam. Untuk mengukur densitas keyword gunakanlah tool seo dari instant position (www.instantposition.com/seotest.php). Dengan memasukan alamat url beserta keyword tersebut.

Beberapa cara meletakan keyword di dalam blog yaitu :
  • Letakan pada judul dari artikel atau tulisan yang anda posting.
  • Letakan dibagian posisi tags.
  • Letakan diawal paragraf pertama, tengah, dan akhir. Jangan menggunakan  keyword terlalu banyak nanti akan dianggap spam oleh search engine, gunakanlah permainan bahasa.
  • Untuk keyword yang penting dan utama bisa dicetak hitam dengan ukuran font yang besar.
  • Usahakan menggunkan kata kunci ditiap halaman pada kalimat pertama dan terakhir.
  • Hindari penggunakan kata yang sama secara berulang - ulang dalam satu rangkaian kata kunci.

0 comments:

Post a Comment