Tuesday, April 20, 2010

Teknik Optrimasi elemen Gambar

Ada satu teknik SEO yang dapat dipergunakan agar elemen gambar juga memiliki fungsi dalam meningkatkan performa SEO website kita, yaitu dengan menempatkan alt tags di dalam img tags. Alt tags adalah tag HTML yang dipergunakan untuk menampilkan tulisan yang menggantikan gambar jika untuk satu dan lain hal (misalnya browser di-set untuk tidak menerima elemen gambar) tidak dapat ditampilkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyisipkan alt tags diantaranya:

  • Singkat.
  • Deskirpsi dari gambar.
  • Mengandung kata kunci.
Img tags adalah tag HTML yang dipergunakan untuk menampilkan gambar pada halaman website. Bentukan kodenya adalah sebagai berikut:
”asternative
Penjelasannya adalah sebagai berikut:  img src=”images/logo.jpg” adalah elemen gambar yang akan ditampilkan, berisi URL (alamat) file gambar yang dimaksud. alt=”asternative text” adalah teks alternatif yang hanya akan ditampilkan jika karena satu dan lain hal elemen gambar tidak dapat ditampilkan. Sedapat mungkin harus mengandung kata kunci.
Penggunaan alt tags pada elemen gambar penting untuk dua alasan:
 1.Crawler mesin pencari hanya bisa mendeteksi tapi tidak membaca gambar.  Jika crawler menemukan gambar maka elemen tersebut akan dilewati untuk membaca teks selanjutnya. Karena itu diperlukan substitusi elemen teks yang dapat dibaca oleh mesin pencari untuk menggantikan elemen gambar. Disitulah peran alt tags. Jika teks pada alt tags mengandung kata kunci dan teks di sekitar elemen gambar tersebut juga mengandung kata kunci, maka hubungan semantik diantara kedua elemen tersebut akan meningkatkan nilai website kita.
 2. Memanfaatkan mesin pencari berbasis gambar seperti Google Images. Mesin pecnari berbasis gambar ini memang merupakan sesuatu yang baru, tapi tidak boleh dianggap remeh. Sama seperti mesin pencari biasa menemukan, membaca, dan meng-indeks halaman website, mesin pencari jenis ini menemukan dan mengindeks elemen gambar. Dalam hal ini, meskipun hasil pencarian yang ditampilkan berupa gambar, tapi cara mesin pencari mengidentifikasi file gambar tetap berpasis teks, yaitu dengan membaca Alt tags dan nama file.
Mesin pencari berbasis gambar ini sedang menanjak popularitasnya, sehingga jika kita memanfaatkannya secara maksimal, akan bisa memanfaatkan momentum untuk meningkatkan volume kunjungan ke website kita. Tetapi tanpa mengurangi nilai manfaatnya, seperti aspek-aspek lain dalam SEO, jangan berlebihan menggunakannya. Hal yang baikpun jika digunakan secara berlebihan akan membawa dampak buruk.
Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment