Thursday, April 15, 2010

Penggunaan Web Metric untuk meningkatkan site

Hal yang ingin dicapai web pada dasarnaya adalah meningkatkan bisnis dari keseluruhan offline marketing atau penjualan. Untuk melakukannya, online strateginya harus: tingkatkan traffic tertarget ke site, mengajak pengunjung untuk melakukan aksi yang kita ingin mereka lakukan, dan menggunakan web matric untuk menganalisa dan mengukur perilaku user.
Mari kita kaji lebih lanjut :

1. Mengarahkan Traffic Tertarget ke Site
Proses pengarahan traffic tertarget ini diawali dengan kampanye search engine marketing (SEM) termasuk pay-per-click advertising (PPC) serta strategi search engine optimization (SEO).
Sangat penting untuk mengetahui kata kunci mana yang berarti dalam PPC dan SEO.
Tool seperti Wordtracker harusnya digunakan untuk menemukan kemungkinan kombinasi kata kunci. Untuk mengetahui seberapa sering setiap frase tersebut dicari, dan untuk mengevaluasi mana yang cukup berarti bila kita menggunakannya dengan mengecek seberapa tinggi tingkat kompetisinya. Buatlah pilihannya dan lakukan test ke dalam PPC dan SEO.
Meriset dan memilih kata kunci yang efektif adalah usaha yang sangat penting. Pastikan untuk memilih kata kunci yang akan digunakan target pasar untuk mencari website kita. Dengan web matric dan analisa posisi, memungkinkan kita untuk menunjukkan dari mana asalnya para pengunjung ini, kata kunci apa yang mereka gunakan untuk menemukan ktia, dan apakah mereka melakukan aksi yang diingikan didalam website. Jika salah memilih kata kunci, akan menyesatkan kita akan kebenaran, karena kita mungkin menemukan ranking yang tinggi atas website tertapi pengunjung yang datang bukan mereka yang diharapkan.
2. Membujuk Pengunjung Website untuk Melakukan Aksi yang kita Inginkan
Apakah kita menjual produk/layanan, menyelengarakan newsletter, ataupun menarik orang untuk download software demo, tujuan utamanya sama yaitu mengarahkan pengunjung melakukan aksi yang kita inginkan. Untuk melakukan ini, kita harus memiliki website yang cukup menarik pengunjung lebih dalam, dan kemudian menuntun mereka kearah tujuan kita.
Faktor desain dan arsitektur website seperti kemudahan menggunakan, navigasi, isi dan menempatan kalimatnya semuanya itu menjadi satu kesatuan. Kuncinya adalah memonitor seberapa baik faktor-faktor tersebut bekerja mendorong pengunjung mengambil keputusan. Dengan web matric kita dapat memonitor dan melihat mana yang tepat dan mana yang tidak. Dengan pengetahuan ini, kita dapat membuat perubahan yang tepat pada site, melajuntukan monitoring, dan mengulangi proses sampai mendapatkan peningkatan atas outcome yang diharapkan.
3. Gunakan Web Metric untuk Menganalisa Perilaku Pengunjung
Wilayah dari web metric dan analisis adalah baru dan selalu berkembang. Dibangingkan dengan traditional offline marketing, Internet menyediakan kesempatan yang tidak ada bandingannya untuk mengukur bagaimana pelanggan berinteraksi dengan bisnis. Web metric dan analisis membantu dalam memonitor dan meningkatkan sasaran 1 dan 2. Hal ini dilakukan dengan memberi perhatian lebih pada asal pengunjung tersebut datang, mempelajari kata kunci apa yang digunakan untuk menemukan site kita, melihat bagaimana proses mereka dinavigasi, dan aksi-aksi apa saja yang mereka lakukan sepanjang jalan. Informasi ini menjadi sangat penting dalam pertumbuhan bisnis kita.
Semoga membantu

0 comments:

Post a Comment