Wednesday, March 24, 2010

Why SEO is Needed?

SEO – Search Engine Optimization – adalah pengetahuan untuk merekayasa elemen-elemen website untuk mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencari. Pendek sekali, tapi memang hanya itulah esensi SEO. Jangan tertipu dengan pendeknya kalimat itu. Ada sangat banyak elemen baik external maupun external yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari dan karena itu patut menjadi perhatian kita. SEO yang baik adalah sesuatu yang sangat sulit, dan SEO yang hebat tidak akan pernah bisa kita capai.
Mengapa SEO menjadi sangat penting? Bayangkan anda berada di tengah kerumunan ribuan orang dan seseorang berusaha mencari anda. Bagaimana anda bisa ditemukan di tengah kerumunan orang yang sepintas semua nampak mirip satu sama lainnya. Bayangkan jika kemudian ada cara untuk memisahkan, semua pria memakai celana panjang dan semua wanita memakai rok. Sekarang orang yang mencari anda harus mencari diantara setengah dari kerumunan orang yang ada. Anda bisa terus menambahkan kriteria-kriteria lain untuk menyaring sehingga tinggal tersisa sekelompok kecil orang sehingga anda lebih mudah ditemukan.

Website kita bisa dianalogikan seperti situasi anda di tengah kerumunan tadi. Di tengah kerumunan jutaan website – diperkirakan saat ini ada lebih dari 100 juta website dan terus bertambah sekitar 1.5 juta setiap bulannya – bahkan di mata mesin pencari yang mengirim crawler-crawlernya untuk mendaftar website, website kita hampir tidak terlihat. Agar website kita mudah terlihat, bahkan oleh crawler sekalipun, sejumlah elemen tertentu harus nampak jelas. Seperti orang yang tingginya lebih dari 2 meter akan lebih mudah ditemukan diantara kerumunan ribuan orang. Inilah alasan mengapa kita memerlukan SEO, agar website kita mudah ditemukan.
Secara kebetulan, cepat atau lambat website kita akan ditemukan oleh mesin pencari, dan akan mendapat tempat – entah dengan urutan ranking nomor berapa – diantara ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan website lainnya. Tapi berada di halaman kesepuluh atau keseratus tidak ada bedanya dengan tidak terkihat sama sekali. Agar bisa ditemukan, website kita memerlukan ranking yang jauh lebih baik. Setidaknya berada di tiga halaman pertama hasil pencarian. Orang tidak akan mencari lebih jauh dari halaman ketiga, kebanyakang mungkin malah tidak akan sampai sejauh itu. Kenyataannya hanya website yang berada di halaman pertama sajalah yang mendapat cukup pengunjung yang kemudian membeli produk yang ditawarkan. Itulah sebetulnya tujuan akhir SEO, mengasilkan uang dari pembelian yang dilakukan oleh pengunjung website.
Untuk mendapatkan ranking yang tinggi, ditemukan oleh crawler mesin pencari saja tidaklah cukup. Ada sejumlah kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar website kita terdaftar dengan nilai lebih tinggi dari website-website lainnya. Beberapa kriteria yang diidentifikasi crawler mesin pencari diantaranya:
Anchor text (teks yang dipergunakan sebagai link menuju halaman / website lain.
Popularitas website
Relevansi link
Kata kunci
Bahasa
Isi secara keseluruhan
Umur website
Diperkirakan ada setidaknya beberapa ratus kriteria lainnya yang dijadikan bahan penilaian oleh mesin pencari dalam menentukan ranking sebuah website. Masing-masing kriteria memiliki bobot penilaian yang berbeda-beda tergantung sudut pandang yang diambil, dimana perbedaan sudut pandang mempengaruhi penilaian. Sebagai contoh, ketikan menilai relevansi sebuah link, mesin pencari mungkin mempertimbangkan posisinya di dalam halaman, kata yang dipergunakan, kalimat yang berada di sekitar link dimaksud, kemana link tersebut menuju, relevansi isi dari halaman yang dituju, dan sebagainya.
Kriteria-kriteria tersebut juga mengandung bobot penilaian yang berebeda-beda. Sebagian mesin pencari menilai link lebih penting dari kata kunci, sebagian mesin pancari lain menilai sebaliknya. Bobot dan formula perhitungan oleh masing-masing mesin pencari terus-menerus berubah. Menebak bobot kriteria tertentu pada waktu tertentu tidahlah banyak artinya, karena beberapa saat kemudian bobot tersebut sudah akan berubah.
Secara umum, beberapa faktor memberikan pengaruh terhadap posisi website di mesin pencari, bahkan walaupun kita tidak memberikan perlakuan khusus. Tapi tanpa melakukan upaya yang semestinya, kita hanya membiarkan website kita mendapatkan hasil secara kebetulan saja. Kira-kira sama seperti membuka toko tanpa menempelkan merk dan produk yang kita jual. Anda akan mendapat beberapa pengunjung, tapi karena tidak ada yang mengenali keberadaan toko anda, yang datang berkunjung hanya orang yang kenal dengan anda secara pribadi, atau pejalan kaki yang penasaran.

0 comments:

Post a Comment