Wednesday, March 24, 2010

Ulasan Outbond Link Untuk SEO Pemula

Outbound Link Dalam Ulasan SEO Pemula. Oke kita masuk lagi dalam tema SEO kali ini bercerita tentang outbound links atau yang dikenal dengan link keluar, nah keluar dari mana nih? Kemarin kita sudah membahas mengenal pengertian inbound link atau link yang masuk ke blog baik untuk halaman utama ataupun untuk halaman innerpage/halaman postingan, kalau ada link yang masuk ke blog kita sudah tentu yang keluar dari blog kita, kasarnya ada keseimbangan diantara kedua hal tersebut, sebelum kita membahas lebih jauh lagi artikel outbound link dari blog belajar seo pemula ini kita mulai saja dari pengertian dasar frase kata tersebut, lets goo brooo kita simak dan kembangkan lagi agar lebih terarah...

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi tentang outbound links ini yaitu link keluar dari blog kita yang mengarah ke blog orang lain yang tentu saja mempunyai niche atau topik yang sama dengan blog kita, contohnya saja saya memasang link blog lifestyle pada halaman blog ini dengan status dofollow, nah itu lah yang dinamakan link keluar atau outbound link. Tadi saya bilang atau menekankan "kesamaan niche" atau topik, yup itu harus di perhatikan karena robot google yang di kendalikan manusia punya penilaian terhadap sumber backlinks maupun link yang keluar, google cukup memperhatikan hal ini.



Outbound links

Dalam membuat outbound link sudah pasti sang webmaster mempunyai alasan atau tujuan utama, yang jelas intinya membangun link atau link building agar bisa meraih pagerank yang tinggi serta meraih serp yang bagus di pencarian keyword tertentu dan juga tentu saja untuk menjalin persahabatan sesama webmaster atau blogger, model nya ya bisa dengan cara saling bertukar link atau banner.

Disini saya ada satu contoh yang mungkin bisa dijadikan sebuah reseach oleh kawan pembaca blog festival museum nusantara ini, saya punya pandangan dalam penerapan outbound link untuk seo pemula, misal begini yah. Kita menempatkan sebuah link dalam blog atau dalam artikel yang menuju web orang lain, ketika artikel tersebut di publish maka secara tidak langsung robot google akan mengikuti setiap link yang ada di halaman blog kita dan memprioritaskan link yang mempunyai kesamaan topik.


Dalam blog yang kita link tersebut terdapat link blog kita dengan keyword yang kita incar, sama seperti yang saya sudah jelaskan tadi robot crawl akan menelusuri setiap link yang berada di halaman blog nah kesimpulannya disni ada timbal balik yang cukup bagus, dari kedua blog tersebut dapat memiliki nilai lebih di mata robot pencari, ketika robot search engine mengcrawl blog kita maka blog yang kita link pun akan di crawl pula, dengan begitu blog kita akan di crawl kembali ketika menelusuri outbound link yang orang lain pasang di blog nya.

Nah gimana dapat di mengerti maksud saya? Kalau di umpamakan akan terbentuk sebuah lingkaran yang dinamis, ya kira-kira seperti itu. Soo sebenarnya jangan pernah takut untuk memberikan outbound links kepada blog lain, tapi dengan peraturan dalam blog lain tersebut tertanam link dan keyword yang mengarah kepada blog kita, kadang saya dalam mengoptimalkan nya menggunakan dummy blog..semoga berhasil

0 comments:

Post a Comment