Wednesday, March 24, 2010

Perencanaan SEO

Menentukan Prioritas
Pandanglah SEO website kita sebagai potongan-potongan kecil yang pekerjaan sehingga lebih mudah untuk dilaksanakan, jangan dilihat sebagai satu kesatuan besar, yang mungkin mengagetkan kita sendiri. Coba pandang website anda halaman per halaman, pilih beberapa halaman untuk menjadi prioritas, kemudian susun rencana kerja untuk masing-masing halaman tersebut. Membuat rencana dan melakukan implementasi pada satu halaman tertentu menghindarkan kita dari kecenderungan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam semalam. Ingat, kalaupun anda bisa membuat 1000 candi dalam semalam, anda tidak akan mampu menempatkan website anda di puncak mesin pencari dalam semalam. Pada kenyataannya, pendekatan memecah pekerjaan ini lebih memungkinkan anda mencapai sasaran secara keseluruhan dalam waktu yang lebih singkat.

Prioritas tertinggi semestinya diberikan kepada halaman yang diharapkan akan menjadi yang paling banyak dikunjungi, misalnya homepage atau halaman dimana pengunjung diharapkan akan mengambil keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan. Lakukan sinergi dengan pola bisnis kita secara keseluruhan, sesuaikan penentuan prioritas ini dengan pola pemasaran bisnis kita. Alokasikanlah sebagian besar waktu, tenaga, dan (mungkin) dana pada halaman-halaman yang menjadi priorits.
Analisa Website
Setelah kita menentukan halaman-halaman prioritas, lakukan analisa terhadap website kita. Kenali apa yang bisa kita lihat sekarang dan apa yang ingin kita capai. Lakukan analisa ini terhadap masing-masing halaman, bukan hanya terhadap website secara keseluruhan. Penting untuk diingat, sesungguhnya yang dibaca, disimpan, dipilih, dan ditampilkan oleh mesin pencari adalah halaman, bukan website. Apapun yang anda lakukan harus difokuskan pada menempatkan halaman website kita di atas halaman-halaman lain dari website-website lain di daftar hasil pencarian.
Buatlah tabel untuk menganalisa masing-masing halaman. Teliti masing-masing elemen yang kita ketahui sebagai faktor yang menentukan keberhasilan suatu halaman website untuk mendapatkan ranking yang baik. Untuk masing-masing elemen dari setiap halaman, catat hasil pengamatan kita, tentukan apa yang perlu kita lakukan untuk menyempurnakan elemen tersebut, akan lebih baik jika kita juga menentukan deadline untuk diri sendiri, kapan penyempurnaan itu akan kita selesaikan. Karena SEO merupakan proses yang berkelanjutan, ada baiknya juga disertakan kolom untuk memberi tanda jika penyempurnaan telah selesai dilakukan, dan kolom untuk nanti menuliskan pengamatan kita tentang hasil penyempurnaan tersebut dan rencana tindak lanjutnya.
Elemen-elemen yang perlu menjadi perhatian diantaranya:
Tagging. Meta tag yang termasuk di dalam kode masing-masih halaman website merupakan elemen penting agar suatu halaman website dimasukkan ke dalam hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita harapkan. Tag yang sangat menentukan adalah TITLE dan META-DESCRIPTION.
Isi halaman. Seberapa baru? Seberapa dekat relevansinya (dengan kata kunci yang kita targetkan, dengan halaman-halaman lain di website kita, dan dengan halaman di website lain yang memiliki link ke dan dari website kita)? Seberapa sering di-update? Seberapa banyak isinya? Isi halaman merupakan faktor yang sangat penting. Ingat, mesin pencari menempatkan kepentingan “pencari” sebagai prioritas utama, dan yang diperlukan “pencari” adalah isi dari halaman web, baik itu informasi atau produk yang emreka butuhkan. Jika isi website anda jarang diperbaharui, mesin pencari akan mulai meninggalkan website kita dan memberikan nilai lebih baik kepada website yang isinya lebih sering diperbaharui. Memang ada kasus-kasus khusus dimana informasi tertentu merupakan informasi yang penting tapi kurang dinamis. Website yang mengandung informasi jenis ini mungkin akan tetap mendapatkan ranking yang baik meskipun isinya tidak pernah diperbaharui. Tapi ini benar-benar merupakan penegcualian, secara umum mesin pencari memberi nilai lebih baik untuk website yang isinya sering diperbaharui.
Link. Crawler (atau robot / spider) menganalisa link baik dari maupun ke suatu halaman website untuk diikuti dalam penjelajahannya mengumpulkan informasi mengenai website kita. Catatan perjalanan crawler akan dianalisa mesin pencari untuk menentukan hubungan antar halaman yang terhubung oleh suatu link. Link yang masuk harus datang dari halaman lain yang relevan, link yang keluar harus pergi menuju halaman lain yang relevan. Broken link (link yang halaman tujuannya tidak dapat ditemukan) memberikan pengaruh yang sangat buruk. Pastikan semua link bekerja dengan baik.
Sitemap. Sitemap membantu mempermudah crawler untuk menjelajahi seluruh isi website kita. Bedakan dari sitemap yang anda tujukan untuk mempermudah pengunjung menemukan halaman tertentu di dalam website anda. Sitemap yang ditujukan khusus untuk mesin pencari adalah dokumen berbasis XML yang ditempatkan pada direktori utama server kita yang memuat informasi untuk mesin pencari (URL, waktu update, relevansi, dsb.) Keberadaan sitemap XML akan membantu agar seluruh halaman, bahkan yang paling jauh dari homepage dapat terjelajahi oleh crawler mesin pencari. Pastikan bahwa sitemap XML anda selalu di-update.
Setelah kita menyelesaikan analisa menyeluruh terhadap website, kita akan memiliki gambaran yang lengkap menegnai bagian-bagian yang sudah cukup baik dan bagian-bagian yang masih memerlukan penyempurnaan. Perlu diingat bahwa bagian yang saat ini termasuk bagian yang tidak memerlukan perbaikan, tidak akan memelukannya di masa datang. Perubahan pada bagian tertentu pada website kita kemungkinan akan berakibat diperlukannya penyesuaian pada bagian lainnya. Sekarang kita dapat mengumpulkan semua data hasil analisa menjadi rencana kerja yang menyeluruh. Perencanaan SEO yang kita pegang sekarang tidak hanya menyangkut apa yang sudah ada dan apa yang masih diperlukan. Perencanaan SEO yang kita pegang seharusnya merupakan panduan komprehensif yang juga menyangkut pemahaman menyeluruh terhadap kondisi awal, upaya pemasaran, biaya, jadwal, dan sebagainya.
Dokumen rencana SEO tidak berbeda dengan dokumen-dokumen perencanaan lainnya, misalnya business plan. Business plan memuat informasi mengenai latar belakang, pemasaran, rencana pertumbuhan, dan rencana antisipasi masalah. Sebuah rencana SEO tidak ada bedanya. Ada analisa kondisi awal, sasaran yang ingin dicapai, dan rencana pemasaran baik untuk tiap-tiap halaman maupun website secara keseluruhan, bahkan anggaran yang diperlukan terutama jika kita mengkombinasikan penggunaan PPC.
Perlu juga dimasukan strategi yang akan dipergunakan, misalnya mendatarkan website ke sejumlah directory secara manual (tidak menggunakan software otomatis atau layanan lain yang sejenis), komposisi isi website untuk menarik crawler, rencana penggunaan kata kunci untuk program PPC, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menetapkan jadwal untuk pengerjaan, penyelesaian, pengujian, dan tindak lanjutnya.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah rencana SEO. Banyak orang mengira bahwa mereka dapat menjalankan upaya SEO dan setelah itu selesai begitu saja. Kenyataannya SEO adalah kegiatan yang berkelanjutan. Selain pengerjaan diperlukan pengujian, pemantauan hasil, penyempurnaan, dan seterusnya. Sebaiknya direncanakan untuk melakukan evaluasi setiap tiga bulan. Banyak yang melakukannya setiap enam bulan, tapi pengalaman menunjukkan bahwa tiga bulanan adalah yang paling efektif. Perlu juga dipertimbangkan bahwa melakukan evaluasi – dan mungkin perubahan – lebih cepat, juga memebrikan efek yang negatif.  Pada umumnya diperlukan waktu sekitar tiga bulan untuk dapat menyimpulkan berhasil tidaknya suatuupaya SEO. Melakukan evaluasi lebih pendek dari periode tersebut mungkin akan mengakibatkan anda meningkatkan upaya yang sebenarnya tidak memberikan hasil, atau bahkan membuang upaya yang sesungguhnya (akan) memberikan hasil yang baik..Good Luck..

0 comments:

Post a Comment