Wednesday, March 24, 2010

Merubah Blog Nofollow Menjadi Dofollow

Istilah nofollow atau dofollow untuk sebuah blog mungkin sudah tidak asing bagi rekan-rekan blogger semua, tapi tidak ada salahnya kan kalau saya tulis kembali tentang hal ini, mungkin saja ada beberapa rekan yang masih belum tahu tentang istiliah nofollow atau dofollow untuk sebuah blog, sekalian di postingan kali ini saya juga berbagi tentang cara merubah setting blog anda dari nofollow menjadi dofollow.
sebelumnya saya coba sedikit menjelaskan apa itu nofollow dan dofollow :
* nofollow artinya link yang anda masukkan pada saat anda memberikan komentar disebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari dalam artian anda tidak akan mendapatkan backlink dari blog tersebut, sementara kita tahu bahwa backlink merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan page ranking.

* sedangkan dofollow memiliki arti yang sebaliknya, dalam artian anda akan mendapatkan backlink dari komentar yang anda berikan pada sebuah blog, yah anggaplah sebagai hadiah dari sipemilik blog kepada anda karena sudah bersedia memberikan komentar yang berkualitas di blognya.
Secara default setting komentar sebuah blog adalah nofollow, tapi anda dapat merubahnya menjadi dofollow. sebagai contoh blog ini www.aliyusrie.com, mulai saat ini saya sudah rubah setting untuk komentarnya menjadi dofollow. Jadi bila anda memberikan komentar diblog ini, link anda akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari atau anda akan mendapatkan backlink dari blog ini. Anggaplah ini sebagai hadiah kecil dan penghargaan dari saya karena anda sudah bersedia mampir dan memberikan komentar berkualitas diblog ini.
Resiko dari dofollow blog adalah anda harus siap untuk menerima komentar para spammer yang asal komentar tanpa membaca isi dari artikel anda, untuk itu sebelumnya saya mohon maaf, karena saya hanya akan melakukan approve untuk komentar yang saya anggap relevan dengan isi artikel dalam artian tidak asal komentar, adil bukan ?
Untuk merubah sebuah blog dari nofollow menjadi dofollow, anda bisa melakukannya dengan mengaktifkan plugin tapi katanya sih bisa mempengaruhi dari beban yang dikandung oleh blog kita, oleh sebab itu saya menyarankan untuk melakukannya secara manual, cara ini saya dapat dari PutraPerdhana, FajarSeraya, zalukhu
Pertama-tama anda harus masuk ke file manager tempat anda menyewa hosting, cari folder wp-includes, kita akan melakukan sedikit editing pada file comment-template.php dan default-filters.php.
Kita mulai dengan file comment-template.php klik kanan pada file tersebut dan klik edit, kemudian cari kode :
$return = “$author”;
hapus tulisan “nofollow” sehingga kodenya menjadi :
$return = “$author”;
save perubahan yang telah anda lakukan. kembali ke folder wp-includes temukan file default-filters.php klik kanan edit, kemudian cari kode :
add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’, 15);
tambahkan tanda ‘ // ‘ didepan kode tersebut sehingga menjadi :
//add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’, 15);
Selesai, jangan lupa untuk save perubahan yang telah anda lakukan.
selamat. blog anda sudah diubah menjadi dofollow blog, jika anda berminat untuk mendapatkan backlink dari dofollow blog PR3 keatas, silahkan klik daftar blog dofollow atau bisa minta bantuan paman google dengan mengetik “dofollow blog list” tanpa tanda petik untuk blog dan “dofollow blog directory” untuk directory.
Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda semua...good luck..!!

0 comments:

Post a Comment