Wednesday, March 24, 2010

Hubungan Pay Per Click Dan SEO

Pay-per-click (PPC) adalah salah satu jargon yang mungkin sangat sering terdengar dalam pembicaraan mengenai keyword, begitu pentingnya sehingga mungkin ada orang yang secara sederhana mengira bahwa kata-kata itu merujuk kepada hal yang sama. Sebenarnya keyword dan PPC merupakan sesuatu yang berbeda, tetapi dalam kebanyakan kasus dipergunakan secara bersama-sama. Keyword merupakan hal yang sanyat penting untuk SEO organik yang bisa berjalan tanpa PPC sama sekali. Tetapi tidak sebaliknya, penggunaan PPC dalam menarik pengunjung website memerlukan keyword.

Ada banyak sekali layanan PPC yang tersedia dengan karakteristiknya sendiri-sendiri. Sebagian PPC operasinya dihubungkan dengan ranking, sementara PPC lain benar-benar hanya berupakan iklan online dalam bentuk teks saja. Ada pula layanan PPC yang ditujukan secara spesifik untuk kategori-kategori tertentu saja musalnya untuk keyword, produk, atau layanan jasa.
Tujuan PPC adalah untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke website kita. Tetapi umumnya pemakai menginginkan lebih dari sekedar kunjungan dari pengunjung yang masuk ke website melalui PPC. Hal yang lebih penting dari jumlah pengunjung adalah apa yang disebut sebagai conversion rate, yaitu prosentase jumlah pengunjung yang datang ke website dan melakukan apa yang kita inginkan, misalnya melakukan pembelian. Dalam kasus toko online, conversion rate dapat berupa prosentase jumpah pengunjung yang melakukan pembelian dibandingkan dengan jumlah pengunjung secara keseluruhan. Untuk memaksimalkan conversion rate biasanya diperlukan eksperimentasi untuk mendapatkan kombinasi teknik, keyword, dan layanan PPC yang sesuai sehingga memberikan hasil yang maksimal.
Dibandingjan dengan SEO organik, PPC memiliki beberapa keunggulan diantaranya:
Tidak diperlukan perubahan terhadap design dan isi website yang sudah ada. Sama sekali tidak diperlukan perubahan kode atau elemen-elemen website lainnya. Yang harus kita lakukan hanya melakukan penawaran terahadap kata kunci yang diinginkan, kemudian menyediakan dana untuk membayar.
Implementasi PPC sanyat cepat dan mudah. Segera setelah kita mendaftarkan website kita pada satu program PPC, biasanya hanya diperlukan beberapa menit saja sebelum traffic yang dihrapkan mulai mengalir. Hal ini sangat berbeda dengan SEO organik dimana untuk mendapatkan volume traffik yang kita harapkan diperlukan waktu yang lama dan kesabaran yang sangat tinggi.
Mudahnya implemetasi PPC memungkinkan PPC diimplementasikan oleh orang yang sama sekali tidak memiliki latar belakang keahlian yang berhubungan dengan rancang bangun website atau bahkan pemrograman. Sama sekali tidak diperlukan keterampilan apalagi keahlian khusus untuk mengikuti program ini. Meskipun demikian biasanya hasil optimal baru bisa didapat jiha kita memiliki pengertian yang cukup mengenai bisnis yang kita jalankan, produk yang dihasilkan, layanan yang ditawarkan, dan yang paling penting dalam hal ini adalah pemahaman mengenai keyword dan cara menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Meskipun nampak sederhana, sama dengan strategi SEO lainnya, PPC juga memiliki batansan-batasan. Melakukan penawaran merupakan hal yang dilematis karena banyaknya orang yang berebut ingin mendapatkan hasil pencarian dengan ranking yang tinggi dengan mengajukan penawaran yang kadang-kadang terasa tidak masuk akal. Banyak perusahaan sengaja merekrut orang yang didedikasikan untuk melakukan pekerjaan ini,  pemantauan terus menerus terhdap fluksuasi dan memantau perubahan harga penawaran.Jika kita dihadapkan dengan kompetitor yang memiliki cadangan dana yang cukup, kadang-kadang kita terpaksa mengalah jika tidak ingin cadangan dana kita dengan sangat cepat tersedot kedalamnya. Kombinasi antara kopetitif tidaknya keyword yang kita inginkan dan agreif tidaknya kompetitor akan menentukan berapa dana diperlukan untuk mendapatkan ranking PPC yang baik untuk keyword tertentu.
Sebelum kita mulai terjun dalam program PPC, sda beberapa hal yang perlu diketahui. Salah satu hal yang sangat penting untuk difahami adalah meskipun kita membayar untuk mendapatkan ranking yang bagus pada keyword tertentu, tidak ada jaminan bahwa kita akan menangguk sukses dari semua keyword yang kita pilih. Dalam pengoperasian PPC, test, test, test, dan lebih banyak test lagi merupakan langkah penting untuk negneliminasi kerugian. Mulailah dengan mengalokasikan sedikit dana untuk beberapa keyword saja sambil tetap memantau jumlah pengunjung yang dihasilkan dari kampange PPC tersebut dan conversion rate nya.

0 comments:

Post a Comment