Kamis, 17 Juni 2010

Cara Mengatur Plugin SEO Smart Links

Sebenarnya pengaturan plugin SEO Smart Links ini saya rasa tidak terlalu susah. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pengaturan. Namun, mungkin banyak pula dari Anda yang belum begitu paham hal ini. Berikut beberapa pengaturan pada plugin SEO Smart Links:
  1. Internal Links. Pada bagian ini Anda bisa mengatur dimana link otomatis itu akan muncul. Apakah pada posting, di static page, atau komentar. Sedangkan Allow links to self befungsi menginjinkan sebuah postingan memberikan link pada postingan itu sendiri.
  2. Excluding. Prevent linking in heading tags (h1,h2,h3,h4,h5,h6) berfungsi untuk mencegah terjadinya link otomatis pada keyword yang mempunyai tag h1, h2, dan seterusnya.
  3. Target adalah tujuan link. Apakah ke posting, static page, kategori atau tags.
  4. Setting. Pada seting terdapat dua pilihan yaitu Process only single posts and pages dan Process RSS Feed. Opsi yang pertama yaitu Process only single posts and pages adalah hanya menampilkan link otomatis pada single page. Jadi pada home page link otomatis tidak akan muncul. Sedangkan yang kedu Process RSS Feed berfungsi untuk menampilkan link otomatis pada RSS Feed.
  5. Ignore Post and Pages berfungsi untuk mencegah dibuatnya link otomatis pada posting atau static page tertentu. Anda cuku memasukkan post slug, ID atau nama dari post atau page yang Anda mau. Misalkan saya tidak ingin link dibuat secara otomatis pada halaman About, ToS, atau Contact. Maka saya masukkan slug dari halaman tersebut.
  6. Ignore Keywords berfungsi untuk tidak memberikan link pada keyword tertentu. Misalkan, Anda tidak ingin link otomatis dibuat dan menuju ke halaman About ketika pada artikel ditemukan keyword “about”. Maka masukkan keyword tersebut pada Ignore Keywords.
  7. Custom keywords berfungsi untuk memasukkan beberapa keyword yang Anda ingin agar membuat link secara otomatis. Pada input yang disediakan, masukkan 1 atau lebih keyword dan pisahkan dengan tanda koma (,) serta tambahkan link tujuan. Sedangkan Prevent Duplicate links for grouped keywords (will link only first of the keywords found in text) berfungsi untuk mencegah terjadinya duplicate link pada keyword dalam satu group.
  8. Limits berfungsi untuk mengatur jumlah link. Pada opsi ini ada tiga pengaturan yaitu Max Links, Max Single dan Max Single URLs. Max link adalah jumlah maksimum link yang dibuat secara otomatis pada sebuah posting. Max Single adalah jumlah maksimum link untuk keyword yang sama. Max Single URLs adalah jumlah maksimum link untuk URL yang sama.
  9. Extenal Links berfungsi untuk mengatur link eksternal yang dibuat oleh SEO Smart Links. Anda bisa menambahkan tag nofollow dan mengaturnya untuk terbuka di jendela baru. External Links hanya terjadi jika Anda mensetnya pada custom keywords. Jika Anda tidak mengaturnya, maka tidak akan terjadi eksternal link.
Sedikit saran bagi Anda, jangan terlalu banyak menjejali artikel dengan link yang tidak perlu atau tidak berhubungan dan aturlah maksimum link yang tepat, agar pembaca blog Anda merasa nyaman. Usahakan juga agar SEO Smart Link tidak membuat link yang sama atau link yang mengarah ke URL yang sama tidak lebih dari 1 link dalam 1 artikel. Untuk itu, aturlah setting pada poin nomor 8 yaitu opsi limit secara tepat.

Selain itu, usahakan untuk tidak membuat link eksternal yang banyak. Akan lebih bagus jika Anda memasukkan link eksternal dengan cara manual. Hal ini mencegah terjadi link eksternal yang telalu banyak tanpa sepengetahuan kita.

Semoga Bermanfaat dan terinspirasi

0 komentar:

Posting Komentar