Rabu, 21 April 2010

Tips Off Page Optimization : Cara Untuk Mendapatkan Free One Way Link


Cara terbaik yang dapat diusahakan untuk Off-Page Optimization adalah dengan mendapatkan One Way Link / Link Popularity. Selain dengan cara membeli link pada situs-situs yang menawarkan jasa penjualan link kita juga bisa mendapatkan One Way Link secara gratis dari situs-situs yang lumayan tinggi pageranknya, caranya yaitu:

1. Menulis Artikel Sendiri
Artikel yang baik bisa dijadikan alat yang sakti untuk mendapatkan One Way Link dalam jumlah yang banyak. Hal yang harus kita perhatikan adalah isi artikel yang berkualitas, menarik dan dengan gaya penulisan yang baik. Tidak akan ada orang yang tertarik jika kita membuat tulisan asal jadi, tanpa riset atau tanpa meninjau lebih jauh dari segi meteri dan penggunaan kata ataupun susunannya.
Kesuksesan sebuah artikel bisa ditandai dengan banyaknya orang yang tertarik untuk membaca artikel kita, sehingga mereka menulis ulang tulisan tersebut di situs mereka berikut dengan link situs kita untuk mereka sebarkan.
2. Gunakan Press Release
Kita bisa menulis Press Release yang berisi informasi berharga, misalnya tentang manfaat dari product yang kita jual atau tentang situs kita yang baru. Tulislah Press Release dengan gaya bahasa yang menarik, mudah dipahami dan memuat keyword utama dan link situs kita.
Kita bisa mengirim Press Release tersebut ke beberapa Press Release Wires gratis, diantaranya adalah:
http://www.free-press-release.com
http://www.press-world.com
http://www.i-newswire.com
http://www.clickpress.com
http://www.prleap.com
http://www.prweb.com
http://press.xtvworld.com
Jika Press Release kita dianggap menarik, maka bisa diambil oleh situs lain, sehingga kita bisa mendapatkan link satu arah. Press Release yang baik juga bisa memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan link partner yang berkualitas.
3. Berikan Kesaksian/Testimoni Suatu Product
Jika kita membeli suatu product online dan situsnya masih berhubungan dengan situs kita, kita bisa mencoba memberikan testimonial. Siapa tau testimonial kita yang berisi link situs kita tersebut diambil oleh situs pemilik product. Pemilik product tentunya akan senang jika menerima pujian dari pelanggannya.
4. Berikan Alasan Mengapa Mereka Perlu Nge-link ke Situs Kita.
Blog dan newsletter merupakan alat yang dapat kita gunakan untuk memberikan alasan mengapa situs lain sebaiknya nge-link kesitus kita. Intinya bahwa kalau blog/newsletter kita menarik, dengan sendirinya pemilik blog/situs lain dengan tema yang sama akan nge-link ke situs kita tanpa diminta, dan merekomandasikan apa yang kita tulis kepada pengunjung blog mereka.
5. Ikutserta Dalam Beberapa Forum Diskusi Yang Sesuai
Melalui forum diskusi kita bisa menempatkan ling situs kita di setiap tulisan yang kita posting di forum tersebut sebagai signature. Ini merupakan link satu arah untuk kita.
Sebelum posting lihat dulu peraturannya, jangan asal posting sekedar hanya untuk mendapatkan backlink. Ada forum yang tidak mengizinkan kita untuk meninggalkan signature yang berisi link, untuk itu anda harus berhati-hati sebelum posting & meninggalkan link anda disana.
Semakin banyak kita mengikuti forum diskusi yang berhubungan dengan tema situs kita, maka semakin besar peluang kita untuk mendapatkan backlink dan traffic dari komunitas tersebut.
Kita bisa menemukan forum diskusi yang sesuai dengan tema blog kita dengan cara search di search engine atau dengan mengunjungi situs-situs berikut:
http://groups.yahoo.com
http://groups.google.com
http://www.big-boards.com
http://www.network54.com/search
6. Submit Situs Kita ke Directory-directory
Kita bisa submit situs kita ke beberapa directory online. Cari directory yang sesuai dengan tema situs kita. Submit link situs ke directory bukan untuk mendapakan traffic langsung dari directory tersebut, melainkan untuk meningkatkan link popularity situs kita sehingga peringkat situs kita di search engine bisa meningkat. Kebanyakan orang berfikir saat mereka submit ke sebuah directory mereka akan mendapatkan traffic dari directory tersebut. Kenyataannya tidak demikian.
Jarang sekali orang mencari informasi datang ke directory. Kebanyakan mereka menunjungi search engine besar seperti google.com atau yahoo.com untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Jadi dari search engine inilah kita mengharapkan untuk mendapat traffic.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar