Selasa, 20 April 2010

SEO versus Hosting

Apakah hosting mempengaruhi kinerja SEO? Jawabannya adalah TIDAK. Tetapi tidak berarti hosting bukan merupakan faktor yang penting. Performa dari masing-masing elemen hosting dapat berpengaruh pada performa SEO website kita.

Perangkat Keras
Umumnya untuk website-website berskala kecil kita menggunakan sesuatu yang disebut shared hosting, dimana penyedia server menempatkan website kita pada perangkat keras yang sama dengan sejumlah pelanggan (website) lainnya. Dalam hal ini kita akan “berbagi” fasilitas. Perhatikannlah spesifikasi perangkat keras dan jumlah pelangan yang berbagi tempat dengan anda. Jika spesifikasi perangkat keras terlalu rendah dibandingkan beban pemakaian, website kita akan lebih lambat diakses.
Crawler mesin pencari hanya memberikan toleransi kecil untuk kecepatan akses, jika crawler mengunjung website anda, dan website anda rensponnya lambat, kemungkinan besar crawler akan mengabaikan website anda. Pemakai tidak lebih sabar dari crawler. Jika mereka mengunjungi website anda dan merasa bosan menunggu sampai halaman website anda terbuka, mereka akan pergi ke website lain.
Bandwidth
Banyak yang menterjemahkan istilah ini dengan lebar pita atau pita lebar. Saya memilih untuk tetap menggunakan kata dalam bahasa Inggris ini, karena memang merupakan istilah teknis yang sangat lazim, dan karena itu harus anda kenal.
Lebar pita dapat dianalogikan sebagai jalan menuju website kita. Makin lebar jalan, makin cepat kendaraan bisa melaju. Jadi, faktor ini mempengaruhi kecepatan akses.
Lokasi
Lokasi dimana server yang kita pakai ditempatkan sangat mempengaruhi kecepatan. Pelajari target pengunjung website anda. Jika taregt pengunjug berada di Indonesia, sebaiknya pakailah server yang berlokasi di Indonesia. Dengan demikian akses oleh pengunjung anda tidak harus melalui jalur internet Internasional yang lebih sibuk. Sebaliknya jika target pengunjung anda lebih banyak dari luar negri, sebaiknya pilihlah yang berlokasi di luar negri, seperti Amerika Serikat atau Eropa. Untuk server di Eropa, sebaiknya pilihlah yang berada di Inggris untuk menghindari kesulitan bahasa.
Dukungan Teknis
Seperti komputer yang ada di atas meja kerja kita, server juga mempunyai kemungkinan untuk mengalami gangguan, baik itu fisik (perangkat keras), perangkat lunak, maupun hal-hal yang mungkin diakibatkan oleh file-file atau program yang kita tempatkan. Akan jauh lebih baik jika penyedia hosting yang kita pakai memiliki tenaga ahli yang bisa kita hubungi setiap saat, 24/7/365. Bayangkan jika anda memakai hosting di Amerika Serikat, dimana waktunya terbalik dengan kita.
Perhatikan juga fasilitas tambahan seperti firewall, sistem back-up, sampai sistem tata udara, pencegahan banjir, dan penjegahan kebakaran di ruang server. Sedapat mungkin kita harus mendapatkan jaminan bahwa website kita tidak akan pernah mati. Jika website kita mati pada saat crawler mesin pencar berkunjung, upaya SEO kita berada dalam bahaya yang serius. Apalah artinya 10 – 20 dolar lebih mahal setiap bulannya dibandingkan potensi kerugian yang bisa ditimbulkan akibat website kita mati.
Semoga bisa membnatu

0 komentar:

Posting Komentar