Kamis, 25 Maret 2010

Outbound links dan Dangling Links

Artikel sebelumnya membahas efek dari outbound link. Bagaimana jika sebuah halaman memiliki link ke sebuah file atau dokumen pdf? Sebuah halaman yang tidak memiliki outbound link (halaman tersebut tidak memiliki link). Dalam kasus ini pagerank yang dimiliki halaman jenis ini tidak dapat didistribusikan ke halaman lain. Hal ini terjadi pada beberapa jenis dokumen yang juga di-index google seperti file PDF ,exel,word dan juga halaman yang di-link sebuah halaman tetapi di tidak diijinkan untuk di-index oleh file dari pembatasan pada file robot.txt. Karakteristik ini disebut dangling links oleh Lawrence Page and Sergey Brin, dimana dalam google index saat ini, sangat banyak dangling link.


Untuk halaman jenis ini, pada proses iterasi (recursive) pagerank, halaman ini dikeluarkan dari proses perhitungan pagerank, sampai halaman lain yang mengacu kepada halaman tersebut selesai dihitung pageranknya. Setelah halaman yang memiliki link ke halaman tersebut selesai dihitung pagerank-nya, halaman yang tidak memiliki outbound link ini diberikan pagerank otomasis dengan algoritma tertentu.

Jadi dalam kasus ini dangling links tidak akan berpengaruh terhadap pagerank halaman anda karena dalam proses perhitungan pagerank halaman ini dikeluarkan dari iterasi perhitungan pagerank.

0 komentar:

Posting Komentar